RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN
Kalijudan I/239
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Ekosistem (Tema 5)
Sub
Tema : Keseimbangan
Ekosistem (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1
Hari
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
|
Menguraikan konsep-konsep
yang saling berkaitan pada
teks nonfiksi.
|
3.7.1 Menjelaskan pokok pikiran,
pertanyaan-pertanyaan,
dan informasi mengenai teks nonfiksi.
|
4.7
|
Menyajikan konsep-konsep
yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa
sendiri.
|
4.7.1 Membuat pokok
pikiran,
pertanyaan-pertanyaan,
dan informasi yang berkaitan teks nonfiksi menggunakan bahasa sendiri.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Memahami
karya seni rupa daerah.
|
3.3.1 Mengerti
tentang tata cara
pembuatan
topeng nusantara.
|
4.3
|
Meragakan penggunaan properti tari
daerah.
|
4.3.1
Mempraktikkan tarian denga
menggunakan
topeng.
|
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
|
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan
sekitar.
.
|
3.5.1
Menjelaskan hubungan kegiatan
manusia
dengan keeimbangan ekosistem.
|
4.5
|
Membuat
karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
|
4.5.1 Membuat
buklet tentang kegiatan
manusia
yang mempengauhi keseimbangan ekosistem.
|
A.
TUJUAN
- Dengan
mencermati teks bacaan, siswa mampu menentukan pokok pikiran dan informasi
penting ke dalam bentuk peta pikiran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan
mengenai teks bacaan berdasarkan peta pikiran yang telah dibuat secara
tepat.
- Dengan
memahami dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh guru, siswa mampu
membuat sebuah buklet mengenai berbagai macam kegiatan manusia yang dapat
memengaruhi keseimbangan ekosistem secara jelas dan akurat.
- Dengan
mencermati teks bacaan tentang keunikan topeng nusantara dan mengerti tata
cara pembuatan topeng nusantara, siswa mampu merancang dan memilih warna
wajah topeng secara rapi.
B.
MATERI
- Kegiata
manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem
- Langkah-langkah
pembuatan buklet.
- Beberapa gambar
ornamen Bali.
- Teks
tentang topeng nusantara dan tata cara pembuatannya.
C.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
A. Ayo Membaca
Ø Siswa diminta untuk membaca teks bacaan
dalam hati. Guru memberikan batas waktu membaca sehingga semua siswa dapat
menyelesaikan bacaannya dalam waktu yang bersamaan.
Ø Siswa distimulasi dengan beberapa
pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan:
-
Apa
yang dimaksud dengan keseimbangan lingkungan?
-
Kegiatan
manusia apa saja yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem?
-
Mengapa
beberapa jenis hewan harus dilindungi?
-
Sebagai
seorang siswa, apa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan
ekosistem?
B.
Ayo Berkreasi
Ø Siswa memberi tanda untuk beberapa kata
sulit yang mereka temui dan menentukan pokok pikiran pada setiap paragraf
bacaan.
Ø Siswa menuangkannya ke dalam sebuah peta
pikiran.
Ø Siswa membuat kesimpulan dari bacaan
untuk menghubungkan konsep-konsep di dalam bacaan menjadi pemahaman mereka
sendiri.
Ø Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan dengan bacaan di tempat yang telah disediakan.
Hasil
yang diharapkan:
-
Sikap
mandiri dan rasa ingin tahu siswa.
-
Pengetahuan
siswa tentang pemahaman ekosistem makanan di lingkungan sekitar.
-
Keterampilan
siswa dalam menjelaskan tentang jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
sekolah.
Ø Guru memfasilitasi diskusi untuk
merefleksikan kegiatan pembelajaran sebelumnya.
Ø Guru mengingatkan siswa tentang buklet
dan fungsinya.
Ø Guru menghubungkan kegiatan sebelumnya
dengan kegiatan membuat buklet.
Ø Siswa bersama guru membahas
mengenai tata cara pembuatan buklet.
Ø Siswa mebuat buklet berdasarkan peta pikiran
yang telah mereka buat sebelumnya.
Ø Guru meminta siswa untuk membaca
dengan saksama langkah-langkah pembuatan buklet.
Ø Guru dapat menginformasikan kepada
siswa mengenai rubrik pembuatan buklet.
Ø Siswa dan guru bersama-sama membahas
tentang ornamen Bali.
Ø Guru dapat menunjukkan beberapa gambar
ornament Bali kepada siswa untuk menstimulasi keingintahuan siswa.
Ø Siswa ditunjuk secara acak untuk membaca
teks bacaan. Satu siswa
membaca satu paragraf.
Ø Siswa distimulasi dengan beberapa
pertanyaan seperti:
- Apa manfaat topeng bagi masyarakat zaman
dahulu?
- Mengapa masyarakat menciptakan topeng?
- Adakah topeng yang menjadi ciri khas
daerahmu?
Ø Siswa mengamati dan mencermati bahan dan
alat membuat karya seni rupa seperti topeng.
Ø Siswa dikelompokkan ke dalam kelompok
yang terdiri atas empat orang.
Ø Bersama dengan kelompoknya, siswa
mengidentifikasi kegunaan beberapa alat pembuat topeng.
Hasil
yang diharapkan:
-
Pengetahuan
siswa tentang karya seni rupa daerah.
-
Keterampilan
siswa dalam menyiapkan bahan dan alat untuk membuat karya seni rupa daerah.
-
Sikap
kritis siswa dalam menganalisis keunikan topeng-topeng yang ada di daerah
mereka.
Ø Sebelum siswa beserta kelompoknya
memulai kegiatan membuat topeng, guru membahas tata cara pembuatan topeng.
Ø Siswa diminta untuk merancang karakter
dari sebuah topeng yang akan mereka buat.
Ø Pada pembelajaran kali ini, siswa hanya
akan menentukan karakter dan pola topeng itu sendiri.
Hasil
yang diharapkan:
-
Pengetahuan
siswa tentang karya seni rupa daerah
-
Keterampilan
siswa dalam menyiapkan bahan dan alat untuk membuat karya seni rupa daerah.
-
Sikap
kritis siswa dalam menganalisis keunikan topeng-topeng yang ada di daerah
mereka.
C. Ayo Berlatih
Ø Sebutkanlah faktor yang memengaruhi
keseimbangan ekosistem!
Ø Sebutkanlah beberapa kegiatan manusia
yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem!
Ø Sebutkanlah alat dan bahan yang
digunakan untuk membuat topeng Cirebon!
D. Kerja Sama dengan Orang Tua
Ø Siswa melakukan diskusi dengan orang
tuanya tentang kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan bersama di rumah yang
bermanfaat untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Memilih kegiatan dan
menjelaskan kegunaannya terhadap keseimbangan lingkungan sekitar rumah siswa.
|
140 menit
|
Penutup
|
1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar
hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa
diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4. Penugasan dirumah
5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa.
|
15 menit
|
E. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bentuk Penilaian: Nontes (Membuat peta pikiran)
Instrumen
Penilaian: Rubrik
KD BAHASA
INDONESIA KD 3.7 dan 4.7
Hasil pengamatan siswa dapat digunakan sebagai
data untuk mengambil nilai IPA KD 3.5 dan 4.5.
Penilaian dilakukan berdasarkan pada:
o
Pengetahuan mengenai penjabaran faktor-faktor
yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.
o
Keterampilan mengolah peta pikiran menjadi
informasi yang mudah dimengerti.
o
Sikap kerja sama dalam mengolah peta pikiran.
2.
Bentuk Penilaian: Nontes (Membuat Buklet)
Instrumen
Penilaian: Rubrik
KD IPA KD
3.5 dan 4.5
Hasil pengamatan siswa dapat digunakan sebagai
data untuk mengambil nilai IPA KD 3.5 dan 4.5.
Penilaian dilakukan berdasarkan pada:
Ø
Pengetahuan tentang pengaruh kegiatan manusia
yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.
Ø
Keterampilan mengolah informasi menjadi sebuah
buklet yang menarik dan sarat informasi
Ø
Sikap kerja sama dalam mengolah peta pikiran
F. SUMBER DAN
MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif
Khotif.
- Software Pengajaran
SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
- Teks bacaan serta gambar-gambar
kehidupan masyarakat di Indonesia dari media cetak, majalah, surat kabar,
dan buku cetak.
- Gambar/Slide tentang topeng nusantara
dan tata cara pembuatannya.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN KALIJUDAN I/239
Drs. MAT SUDJAK, M. Pd.
NIP. 19611011 198201 1 004
|
Guru
Kelas V-C
ELLY PUSPITASARI, S. Pd
NIP. 19850524 200902 2 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar