Senin, 29 Januari 2018

RPP Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SDN Kalijudan I/239
Kelas / Semester          :  5 /1
Tema                           :  Ekosistem (Tema 5)
Sub Tema                    :  Keseimbangan Ekosistem (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke          :  5
Alokasi waktu             :  1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.7
Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

3.7.1 Menjelaskan pokok pikiran,
pertanyaan-pertanyaan, dan informasi mengenai teks nonfiksi.
4.7
Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1   Membuat pokok pikiran,
pertanyaan-pertanyaan, dan informasi yang berkaitan teks nonfiksi menggunakan bahasa sendiri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.3


Memahami karya seni rupa daerah.

3.3.1 Mengerti tentang tata cara
pembuatan topeng nusantara.
4.3
Meragakan penggunaan properti tari daerah.
4.3.1 Mempraktikkan tarian denga
menggunakan topeng.

Muatan : IPA
No
Kompetensi
Indikator
3.5
Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
.
3.5.1 Menjelaskan hubungan kegiatan
manusia dengan keeimbangan ekosistem.
4.5 
Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
4.5.1 Membuat buklet tentang kegiatan
manusia yang mempengauhi keseimbangan ekosistem.
A.    TUJUAN
  1. Dengan mencermati teks bacaan, siswa mampu menentukan pokok pikiran dan informasi penting ke dalam bentuk peta pikiran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai teks bacaan berdasarkan peta pikiran yang telah dibuat secara tepat.
  2. Dengan memahami dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh guru, siswa mampu membuat sebuah buklet mengenai berbagai macam kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem secara jelas dan akurat.
  3. Dengan mencermati teks bacaan tentang keunikan topeng nusantara dan mengerti tata cara pembuatan topeng nusantara, siswa mampu merancang dan memilih warna wajah topeng secara rapi.

B.     MATERI
  1. Kegiata manusia yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem
  2. Langkah-langkah pembuatan buklet.
  3. Beberapa gambar ornamen Bali.
  4. Teks tentang topeng nusantara dan tata cara pembuatannya.

C.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

D.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini


  1. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada Buku Siswa.  Guru meminta siswa untuk menceritakan gambar tersebut kepada teman sebangkunya. Lalu, Guru meminta seorang atau dua orang sukarelawan untuk menceritakan gambar tersebut. 
  2. Guru menggunakan pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa untuk mengarahkan diskusi kelas.
  3. Guru meminta siswa untuk menuliskan beberapa pertanyaan tentang topik bahasan hari ini pada kertas kecil.  Lalu, siswa menempelkan kertas yang berisi pertanyaan tersebut di papan tulis. 
  4. Guru menggunakan cerita Udin pada Buku Siswa untuk mengarahkan siswa kepada bencana alam sebagai salah satu penyebab terjadinya perubahan ekosistem.
15 menit
Inti
A.    Ayo Membaca
Ø  Siswa diminta untuk membaca teks bacaan dalam hati. Guru memberikan batas waktu membaca sehingga semua siswa dapat menyelesaikan bacaannya dalam waktu yang bersamaan.
Ø  Siswa distimulasi dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan:
-        Apa yang dimaksud dengan keseimbangan lingkungan?
-        Kegiatan manusia apa saja yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem?
-        Mengapa beberapa jenis hewan harus dilindungi?
-        Sebagai seorang siswa, apa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem?

B.     Ayo Berkreasi
Ø  Siswa memberi tanda untuk beberapa kata sulit yang mereka temui dan menentukan pokok pikiran pada setiap paragraf bacaan.
Ø  Siswa menuangkannya ke dalam sebuah peta pikiran.
Ø  Siswa membuat kesimpulan dari bacaan untuk menghubungkan konsep-konsep di dalam bacaan menjadi pemahaman mereka sendiri.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan di tempat yang telah disediakan.
Hasil yang diharapkan:
-        Sikap mandiri dan rasa ingin tahu siswa.
-        Pengetahuan siswa tentang pemahaman ekosistem makanan di lingkungan sekitar.
-        Keterampilan siswa dalam menjelaskan tentang jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar sekolah.
Ø  Guru memfasilitasi diskusi untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran sebelumnya.
Ø  Guru mengingatkan siswa tentang buklet dan fungsinya.
Ø  Guru menghubungkan kegiatan sebelumnya dengan kegiatan membuat buklet.
Ø  Siswa bersama guru membahas mengenai tata cara pembuatan buklet.
Ø   Siswa mebuat buklet berdasarkan peta pikiran yang telah mereka buat sebelumnya.
Ø  Guru meminta siswa untuk membaca dengan saksama langkah-langkah pembuatan buklet.
Ø  Guru dapat menginformasikan kepada siswa mengenai rubrik pembuatan buklet.


Ø  Siswa dan guru bersama-sama membahas tentang ornamen Bali.
Ø  Guru dapat menunjukkan beberapa gambar ornament Bali kepada siswa untuk menstimulasi keingintahuan siswa.
Ø  Siswa ditunjuk secara acak untuk membaca teks bacaan. Satu siswa membaca satu paragraf.
Ø  Siswa distimulasi dengan beberapa pertanyaan seperti:
-  Apa manfaat topeng bagi masyarakat zaman dahulu?
-  Mengapa masyarakat menciptakan topeng?
-  Adakah topeng yang menjadi ciri khas daerahmu?
Ø  Siswa mengamati dan mencermati bahan dan alat membuat karya seni rupa seperti topeng.
Ø  Siswa dikelompokkan ke dalam kelompok yang terdiri atas empat orang.
Ø  Bersama dengan kelompoknya, siswa mengidentifikasi kegunaan beberapa alat pembuat topeng.
Hasil yang diharapkan:
-        Pengetahuan siswa tentang karya seni rupa daerah.
-        Keterampilan siswa dalam menyiapkan bahan dan alat untuk membuat karya seni rupa daerah.
-        Sikap kritis siswa dalam menganalisis keunikan topeng-topeng yang ada di daerah mereka.
Ø  Sebelum siswa beserta kelompoknya memulai kegiatan membuat topeng, guru membahas tata cara pembuatan topeng.
Ø  Siswa diminta untuk merancang karakter dari sebuah topeng yang akan mereka buat.
Ø  Pada pembelajaran kali ini, siswa hanya akan menentukan karakter dan pola topeng itu sendiri.
Hasil yang diharapkan:
-        Pengetahuan siswa tentang karya seni rupa daerah
-        Keterampilan siswa dalam menyiapkan bahan dan alat untuk membuat karya seni rupa daerah.
-        Sikap kritis siswa dalam menganalisis keunikan topeng-topeng yang ada di daerah mereka.

C.    Ayo Berlatih
Ø  Sebutkanlah faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem!
Ø  Sebutkanlah beberapa kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem!
Ø  Sebutkanlah alat dan bahan yang digunakan untuk membuat topeng Cirebon!

D.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Ø  Siswa melakukan diskusi dengan orang tuanya tentang kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan bersama di rumah yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Memilih kegiatan dan menjelaskan kegunaannya terhadap keseimbangan lingkungan sekitar rumah siswa.

140 menit

Penutup
1.      Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.      Penugasan dirumah
5.      Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6.      Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit

E.     PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.      Bentuk Penilaian: Nontes (Membuat peta pikiran)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD BAHASA INDONESIA KD 3.7 dan 4.7
Hasil pengamatan siswa dapat digunakan sebagai data untuk mengambil nilai IPA KD 3.5 dan 4.5.
Penilaian dilakukan berdasarkan pada:
o   Pengetahuan mengenai penjabaran faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.
o   Keterampilan mengolah peta pikiran menjadi informasi yang mudah dimengerti.
o   Sikap kerja sama dalam mengolah peta pikiran.

2.      Bentuk Penilaian: Nontes (Membuat Buklet)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD IPA KD 3.5 dan 4.5

Hasil pengamatan siswa dapat digunakan sebagai data untuk mengambil nilai IPA KD 3.5 dan 4.5.
Penilaian dilakukan berdasarkan pada:
Ø  Pengetahuan tentang pengaruh kegiatan manusia yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.
Ø  Keterampilan mengolah informasi menjadi sebuah buklet yang menarik dan sarat informasi
Ø  Sikap kerja sama dalam mengolah peta pikiran

F.     SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
  4. Teks bacaan serta gambar-gambar kehidupan masyarakat di Indonesia dari media cetak, majalah, surat kabar, dan buku cetak.
  5. Gambar/Slide tentang topeng nusantara dan tata cara pembuatannya.

Refleksi Guru









Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….



Mengetahui
Kepala SDN KALIJUDAN I/239





Drs. MAT SUDJAK, M. Pd.
NIP. 19611011 198201 1 004
Surabaya, ................................
Guru Kelas V-C





ELLY PUSPITASARI, S. Pd
NIP. 19850524 200902 2 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL ONLINE BAHASA INDONESIA "Kata Konotasi/Kata Ungkapan"

Berikut disajikan SOAL ONLINE BAHASA INDONESIA "Kata Konotasi/Kata Ungkapan" Semoga Bermanfaat ! Memuat…