RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN
Kalijudan I/239
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Ekosistem (Tema 5)
Sub
Tema : Keseimbangan
Ekosistem (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1
Hari
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.7
|
Menguraikan konsep-konsep
yang saling berkaitan pada
teks nonfiksi.
|
3.7.1 Menjelaskan pikiran utama dan
informasi-informasi
penting dari paragraf teks nonfiksi.
|
4.7
|
Menyajikan konsep-konsep
yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa
sendiri.
|
4.7.1
Menuliskan pikiran utama dan
informasi yang berkaitan dengan teks nonfiksi dengan bahasa sendiri.
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Memahami
karya seni rupa daerah.
|
3.3.1 Mngenal karakter
beberapa topeng.
|
4.3
|
Meragakan penggunaan properti tari
daerah.
|
4.3.1 Menari denganmenggunakan
sebuah topeng dari kertas secara kreatif dan rapi.
|
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.4
|
Mensyukuri
manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
|
1.4.1
Menerima manfaat persatuan dan
kesatuan sebagai anugerah tuhan Yang Maha Esa.
|
2.4
|
Menampilkan
sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun
kerukunan di bidang sosial budaya.
|
1.4.1
Bersikap jujur dalam penerapan
nilai-nilai
persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
|
3.4
|
Menggali
manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
|
3.4.1
Menyebutkan manfaat persatuan
dan
kesatuan dalam membangun kerukuknan hidup.
|
4.4
|
Menyajikan
hasil penggalian tentang
manfaat
persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.
|
4.4.1
Mempresentasikan manfaat
persatuan
dan kesatuan dalam membangun kerukuknan hidup
|
C.
TUJUAN
- Dengan
mengamati gambar anak-anak menanam pohon, siswa mampu menjelaskan alasan
kegiatan tersebut dapat menciptakan keseimbangan ekosistem secara jelas.
- Dengan
mencermati teks bacaan, siswa mampu menentukan pikiran utama dan
informasi-informasi penting dari paragraf di dalam sebuah tabel yang sudah
disediakan secara tepat.
- Dengan
mencermati dan memahami teks bacaan, siswa mampu: merancang sebuah
skenario dari pengalamannya tentang berkomunikasi melalui sebuah media
secara tepat.
- Dengan
mengenal dan memahami karakter beberapa topeng, siswa mampu membuat sebuah
topeng dari kertas secara kreatif dan rapi.
D.
MATERI
- karakter
beberapa topeng.
- Langkah-langkah
dalam membuat topeng.
- Gambar/foto anak-anak menanam pohon.
- Teks bacaan tentang Usaha Manusia
dalam Pemeliharaan Ekosistem.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
-
Apakah
yang dilakukan anak-anak pada gambar tersebut?
-
Pernahkah
kamu melakukannya?
-
Apakah
tujuan kegiatan tersebut?
-
Apakah
kegiatan tersebut akan membantu menciptakan keseimbangan ekosistem? Diskusikanlah pertanyaan tersebut dengan
teman-temanmu!
-
Mengapa
kita tidak diperbolehkan untuk memetik bunga di taman kota?
-
Apa
yang telah dilakukan oleh keluarga
-
Dayu
untuk memenuhi kebutuhan sesaji mereka?
-
Kegiatan
apa saja yang dapat merusak keseimbangan ekosistem lingkungan kita?
|
15 menit
|
Inti
|
A. Ayo Membaca
Ø Siswa ditunjuk secara acak untuk
membacakan teks bacaan tentang Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem.
Ø Satu orang siswa membaca satu
paragraf
Ø Siswa distimulasi dengan beberapa
pertanyaan berikut.
-
Apa
yang dimaksud dengan komponen ekosistem?
-
Mengapa
kita perlu mengupayakan pelestarian lingkungan?
-
Apa
yang terjadi apabila kita
membiarkan warga tetap
membuang sampah rumah tangga di sungai?
Ø Siswa kembali distimulasi dengan
beberapa pertanyaan:
-
Kegiatan-kegiatan
apa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem?
-
Apa
manfaat dari suaka margasatwa dan hutan lindung?
Ø Siswa diminta untuk melengkapi tabel
pikiran utama.
Ø Siswa dapat mendiskusikan tabel pikiran
utama yang dibuat dengan teman sebangku.
Ø Siswa diminta untuk membaca kembali teks
bacaan dan tabel pikiran utama untuk melengkapi kotak kesimpulan.
Ø Dua orang siswa ditunjuk secara acak
untuk membacakan dialog percakapan antara Lani dan Dayu.
Ø Siswa distimulasi dengan beberapa
pertanyaan sebagai bahan diskusi kelas:
- Apa yang dilakukan Lani dan Dayu?
- Mengapa berkomunikasi itu baik?
Hasil
yang diharapkan:
-
Sikap
menghargai kelestarian lingkungan.
-
Pengetahuan
tentang hubungan antar-
-
komponen
ekosistem pada teks nonfiksi yang
-
disajikan.
-
Keterampilan
dalam menceritakan komponen-komponen dan hubungan antar-komponen ekosistem
yang terdapat pada teks nonfiksi.
B.
Ayo Membaca
Ø Siswa ditunjuk secara acak untuk
membacakan teks bacaan tentang Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem.
Ø Satu orang membaca satu paragraf
Ø Siswa distimulasi dengan beberapa
pertanyaan berikut.
-
Apa
yang telah kamu ketahui mengenai Sumpah Pemuda?
-
Mengapa
disebutkan bahwa bahasa merupakan alat persatuan?
Hasil
yang diharapkan:
-
Sikap
percaya diri dan kreativitas siswa
-
Pengetahuan
tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
C. Ayo Menulis
Ø Siswa diminta untuk memilih satu dari
beberapa alat komunikasi berikut: media telepon, telepon genggam, surat,
surat eletronik, atau komunikasi langsung dengan orang lain.
Ø Siswa diminta untuk mengomunikasikan
sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan di sekolah
atau di lingkungan tempat tinggal siswa kepada orang yang lebih tua dengan
menggunakan alat komunikasi yang dipilih tersebut.
Ø Guru membahas tata cara pengerjaan
tugas baru.
Ø Guru berjalan berkeliling memastikan
siswa mengerjakan tugas sesuai petunjuk.
D. Ayo Berkreasi
Ø Siswa dan guru membahas kembali mengenai
kerajinan topeng.
Ø Siswa menelaah kembali hasil rancangan
topeng sebelum membuatnya.
Ø Siswa dan guru membahas mengenai
petunjuk pengerjaan pembuatan topeng.
Ø Siswa diminta untuk mulai membuat
topengnya sendiri sesuai dengan rancangan mereka sebelumnya.
Ø Guru berkeliling kelas untuk memastikan
siswa dapat mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk pengerjaan.
Hasil
yang diharapkan:
-
Sikap
percaya diri dan kreativitas siswa.
-
Pengetahuan
untuk mengidentifikasi bahan dan alat
membuat karya seni rupa daerah.
-
Keterampilan
untuk membuat rancangan karya seni rupa daerah berdasarkan teknik yang
dipilih.
Catatan: Kegiatan ini dapat digunakan untuk
mengambil nilai SBdP KD 3.4 dan 4.4 sekaligus untuk mendalamkan pemahaman
siswa tentang karya seni rupa daerah.
Ø Siswa diharapkan dapat berkreasi
menyelesaikan topengnya dengan rapi.
Ø Siswa diminta untuk menunjukkan hasil
karyanya di depan kelas dan menjelaskan mengenai karakter topengnya.
Hasil
yang diharapkan:
-
Sikap
percaya diri dan kreativitas siswa
-
Pengetahuan
untuk mengidentifikasi bahan dan alat
membuat karya seni rupa daerah.
-
Keterampilan
untuk membuat rancangan karya seni rupa daerah berdasarkan teknik yang
dipilih.
Catatan: Kegiatan ini dapat digunakan untuk
mengambil nilai SBdP KD 3.4 dan 4.4 sekaligus untuk meningkatkan pemahaman
siswa tentang karya seni rupa daerah.
E.
Ayo Berlatih
Ø Apa saja usaha dan kegiatan manusia yang
dapat membantu keseimbangan ekosistem?
Ø Tahukah kamu cara membuat kompos? Cari tahu dan jelaskan!
Ø Mengapa penggunaan bahasa yang baik,
jelas, dan sopan sangat penting dalam berkomunikasi?
Ø Cara berkomunikasi seperti apakah yang
dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia? Berikan
contoh!
Ø Jelaskanlah cara membuat topeng kertas
yang telah kamu lakukan sebelumnya!
F.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ø Mencari salah satu benda seni yang ada
di rumah dan mendiskusikannya dengan orang tua tentang asal usul, kegunaan,
makna, dan alasan orang tua menyimpanya.
|
140 menit
|
Penutup
|
1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar
hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya..
4. Penugasan dirumah
5. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa.
|
15 menit
|
G.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bentuk Penilaian: Nontes (Membuat skenario percakapan)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKn
Hasil pengamatan siswa dapat digunakan
sebagai data untuk mengambil nilai PPKn.
Penilaian dilakukan berdasarkan pada:
o
Pengetahuan penggunaan komunikasi yang tepat
untuk tujuan meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama anggota masyarakat
o
Keterampilan menceritakan pengalaman berkomunikasi
yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat dalam bentuk
skenario komunikasi dengan menggunakan salah satu media.
- Bentuk Penilaian: Nontes (membuat Topeng Karakter)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP KD 3.4 dan 4.4
Hasil pengamatan siswa dapat digunakan sebagai data untuk mengambil nilai
KD SBdP.
Penilaian dilakukan berdasarkan pada:
Ø Pengetahuan tentang karakter
pada topeng.
Ø Keterampilan membuat topeng
yang terbuat dari kertas dan mewarnai sesuai karakter yang diinginkan.
Ø Sikap cermat dan kemandirian.
H.
SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif
Khotif.
- Software Pengajaran
SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
- Buku bacaan, buku teks, dan
gambar-gambar yang mencerminkan keanekaragaman adat istiadat.
- Gambar/Slide karakter topeng dan tata
cara pembuatan topeng.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala SDN KALIJUDAN I/239
Drs. MAT SUDJAK, M. Pd.
NIP. 19611011 198201 1 004
|
Surabaya,
......................
Guru Kelas
V-C
ELLY PUSPITASARI, S. Pd
NIP. 19850524 200902 2 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar