Selasa, 30 Januari 2018

RPP Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SDN Kalijudan I/239
Kelas / Semester          :  5 /1
Tema                           :  Ekosistem (Tema 5)
Sub Tema                    :  Keseimbangan Ekosistem (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke          :  6
Alokasi waktu             :  1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.7
Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi.

3.7.1 Menjelaskan pikiran utama dan
informasi-informasi penting dari paragraf teks nonfiksi.

4.7
Menyajikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1   Menuliskan pikiran utama dan
informasi yang berkaitan dengan teks nonfiksi dengan bahasa sendiri.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.3

Memahami karya seni rupa daerah.

3.3.1 Mngenal karakter beberapa topeng.

4.3
Meragakan penggunaan properti tari daerah.
4.3.1 Menari denganmenggunakan
sebuah topeng dari kertas secara kreatif dan rapi.

Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.4


Mensyukuri manfaat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

1.4.1 Menerima manfaat persatuan dan
kesatuan sebagai anugerah tuhan Yang Maha Esa.
2.4
Menampilkan sikap jujur pada penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.

1.4.1 Bersikap jujur dalam penerapan
nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan di bidang sosial budaya.
3.4
Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.

3.4.1 Menyebutkan manfaat persatuan
dan kesatuan dalam membangun kerukuknan hidup.
4.4
Menyajikan hasil penggalian tentang
manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan.
4.4.1 Mempresentasikan manfaat
persatuan dan kesatuan dalam membangun kerukuknan hidup

C.    TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar anak-anak menanam pohon, siswa mampu menjelaskan alasan kegiatan tersebut dapat menciptakan keseimbangan ekosistem secara jelas.
  2. Dengan mencermati teks bacaan, siswa mampu menentukan pikiran utama dan informasi-informasi penting dari paragraf di dalam sebuah tabel yang sudah disediakan secara tepat.
  3. Dengan mencermati dan memahami teks bacaan, siswa mampu: merancang sebuah skenario dari pengalamannya tentang berkomunikasi melalui sebuah media secara tepat.
  4. Dengan mengenal dan memahami karakter beberapa topeng, siswa mampu membuat sebuah topeng dari kertas secara kreatif dan rapi.

D.    MATERI
  1. karakter beberapa topeng.
  2. Langkah-langkah dalam membuat topeng.
  3. Gambar/foto anak-anak menanam pohon.
  4. Teks bacaan tentang Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
  1. Guru membuka pelajaran dengan meminta siswa untuk mengamati gambar/foto anak-anak menanam pohon.
  2. Guru menstimulasi siswa dengan beberapa pertanyaan berikut:
-        Apakah yang dilakukan anak-anak pada gambar tersebut? 
-        Pernahkah kamu melakukannya? 
-        Apakah tujuan kegiatan tersebut?
-        Apakah kegiatan tersebut akan membantu menciptakan keseimbangan ekosistem?  Diskusikanlah pertanyaan tersebut dengan teman-temanmu!
  1. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa memiliki rasa ingin tahu terhadap proses pembelajarannya, serta menumbuhkan keterampilan untuk memahami, mendiskusikan, dan kemudian menyimpulkan peristiwa yang telah mereka amati.
  2. Dua orang siswa ditunjuk secara acak untuk membacakan dialog percakapan antara Lani dan Dayu.
  3. Siswa distimulasi dengan beberapa pertanyaan sebagai bahan diskusi kelas:
-        Mengapa kita tidak diperbolehkan untuk memetik bunga di taman kota?
-        Apa yang telah dilakukan oleh keluarga
-        Dayu untuk memenuhi kebutuhan sesaji mereka?
-        Kegiatan apa saja yang dapat merusak keseimbangan ekosistem lingkungan kita?

15 menit
Inti
A.    Ayo Membaca
Ø  Siswa ditunjuk secara acak untuk membacakan teks bacaan tentang Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem.
Ø  Satu orang siswa membaca satu paragraf
Ø  Siswa distimulasi dengan beberapa pertanyaan berikut.
-        Apa yang dimaksud dengan komponen ekosistem?
-        Mengapa kita perlu mengupayakan pelestarian lingkungan?
-        Apa yang terjadi apabila kita membiarkan warga tetap membuang sampah rumah tangga di sungai?
Ø  Siswa kembali distimulasi dengan beberapa pertanyaan:
-        Kegiatan-kegiatan apa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem?
-        Apa manfaat dari suaka margasatwa dan hutan lindung?
Ø  Siswa diminta untuk melengkapi tabel pikiran utama.
Ø  Siswa dapat mendiskusikan tabel pikiran utama yang dibuat dengan teman sebangku.
Ø  Siswa diminta untuk membaca kembali teks bacaan dan tabel pikiran utama untuk melengkapi kotak kesimpulan.
Ø  Dua orang siswa ditunjuk secara acak untuk membacakan dialog percakapan antara Lani dan Dayu.
Ø  Siswa distimulasi dengan beberapa pertanyaan sebagai bahan diskusi kelas:
-  Apa yang dilakukan Lani dan Dayu?
-  Mengapa berkomunikasi itu baik?
Hasil yang diharapkan:
-        Sikap menghargai kelestarian lingkungan.
-        Pengetahuan tentang hubungan antar-
-        komponen ekosistem pada teks nonfiksi yang
-        disajikan.
-        Keterampilan dalam menceritakan komponen-komponen dan hubungan antar-komponen ekosistem yang terdapat pada teks nonfiksi.

B.     Ayo Membaca
Ø  Siswa ditunjuk secara acak untuk membacakan teks bacaan tentang Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem.
Ø  Satu orang membaca satu paragraf
Ø  Siswa distimulasi dengan beberapa pertanyaan berikut.
-        Apa yang telah kamu ketahui mengenai Sumpah Pemuda?
-        Mengapa disebutkan bahwa bahasa merupakan alat persatuan?
Hasil yang diharapkan:
-        Sikap percaya diri dan kreativitas siswa
-        Pengetahuan tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

C.    Ayo Menulis
Ø  Siswa diminta untuk memilih satu dari beberapa alat komunikasi berikut: media telepon, telepon genggam, surat, surat eletronik, atau komunikasi langsung dengan orang lain. 
Ø  Siswa diminta untuk mengomunikasikan sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan di sekolah atau di lingkungan tempat tinggal siswa kepada orang yang lebih tua dengan menggunakan alat komunikasi yang dipilih tersebut.
Ø  Guru membahas tata cara pengerjaan tugas baru.
Ø  Guru berjalan berkeliling memastikan siswa mengerjakan tugas sesuai petunjuk. 

D.    Ayo Berkreasi
Ø  Siswa dan guru membahas kembali mengenai kerajinan topeng.
Ø  Siswa menelaah kembali hasil rancangan topeng sebelum membuatnya.
Ø  Siswa dan guru membahas mengenai petunjuk pengerjaan pembuatan topeng.
Ø  Siswa diminta untuk mulai membuat topengnya sendiri sesuai dengan rancangan mereka sebelumnya.
Ø   Guru berkeliling kelas untuk memastikan siswa dapat mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk pengerjaan.
Hasil yang diharapkan:
-        Sikap percaya diri dan kreativitas siswa.
-        Pengetahuan untuk mengidentifikasi  bahan dan alat membuat karya seni rupa daerah.
-        Keterampilan untuk membuat rancangan karya seni rupa daerah berdasarkan teknik yang dipilih.
Catatan: Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengambil nilai SBdP KD 3.4 dan 4.4 sekaligus untuk mendalamkan pemahaman siswa tentang karya seni rupa daerah.
Ø  Siswa diharapkan dapat berkreasi menyelesaikan topengnya dengan rapi.
Ø  Siswa diminta untuk menunjukkan hasil karyanya di depan kelas dan menjelaskan mengenai karakter topengnya.

Hasil yang diharapkan:
-        Sikap percaya diri dan kreativitas siswa
-        Pengetahuan untuk mengidentifikasi  bahan dan alat membuat karya seni rupa daerah.
-        Keterampilan untuk membuat rancangan karya seni rupa daerah berdasarkan teknik yang dipilih.
Catatan: Kegiatan ini dapat digunakan untuk mengambil nilai SBdP KD 3.4 dan 4.4 sekaligus untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang karya seni rupa daerah.

E.     Ayo Berlatih
Ø  Apa saja usaha dan kegiatan manusia yang dapat membantu keseimbangan ekosistem?
Ø  Tahukah kamu cara membuat kompos?  Cari tahu dan jelaskan!
Ø  Mengapa penggunaan bahasa yang baik, jelas, dan sopan sangat penting dalam berkomunikasi?
Ø  Cara berkomunikasi seperti apakah yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia? Berikan contoh!
Ø  Jelaskanlah cara membuat topeng kertas yang telah kamu lakukan sebelumnya!

F.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Ø  Mencari salah satu benda seni yang ada di rumah dan mendiskusikannya dengan orang tua tentang asal usul, kegunaan, makna, dan alasan orang tua menyimpanya.

140 menit

Penutup
1.      Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.      Penugasan dirumah
5.      Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
6.      Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit


G.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.      Bentuk Penilaian: Nontes (Membuat skenario percakapan)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD PPKn

Hasil pengamatan siswa dapat digunakan sebagai data untuk mengambil nilai PPKn.
Penilaian dilakukan berdasarkan pada:
o   Pengetahuan penggunaan komunikasi yang tepat untuk tujuan meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama anggota masyarakat
o   Keterampilan menceritakan pengalaman berkomunikasi yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat dalam bentuk skenario komunikasi dengan menggunakan salah satu media.



  1. Bentuk Penilaian: Nontes (membuat Topeng Karakter)
Instrumen Penilaian: Rubrik
KD SBdP KD 3.4 dan 4.4
Hasil pengamatan siswa dapat digunakan sebagai data untuk mengambil nilai KD SBdP.
Penilaian dilakukan berdasarkan pada:
Ø  Pengetahuan tentang karakter pada topeng. 
Ø  Keterampilan membuat topeng yang terbuat dari kertas dan mewarnai sesuai karakter yang diinginkan.
Ø  Sikap cermat dan kemandirian.

H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCI Media.
  4. Buku bacaan, buku teks, dan gambar-gambar yang mencerminkan keanekaragaman adat istiadat.
  5. Gambar/Slide karakter topeng dan tata cara pembuatan topeng.
Refleksi Guru










Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….


Mengetahui
Kepala SDN KALIJUDAN I/239





Drs. MAT SUDJAK, M. Pd.
NIP. 19611011 198201 1 004
Surabaya, ......................
Guru Kelas V-C





ELLY PUSPITASARI, S. Pd
NIP. 19850524 200902 2 003





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL ONLINE BAHASA INDONESIA "Kata Konotasi/Kata Ungkapan"

Berikut disajikan SOAL ONLINE BAHASA INDONESIA "Kata Konotasi/Kata Ungkapan" Semoga Bermanfaat ! Memuat…