SILABUS KELAS 5
Sekolah : SDN Kalijudan I/239
Kelas
/ Semester : V /
Kompetensi
Inti : 1. Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli,
danbertanggung jawab dalam berinteraksi dengan
keluarga,
teman, guru,dan tetangga, dan negara.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, danmetakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati,
mena
nya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah,di sekolah, dan
tempat bermain.
4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
Dalam bahasa
yang jelas,sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat, dan
tindakan yang mencerminkanperilaku anak
sesuai dengan tahap perkembangannya.
Muatan
Mapel
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
PPKN
|
1.1
Bersyukur kepa da Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Panca sila dalam
kehidupan sehari-hari.
2.1 Bersikap tang gung jawab, cinta tanah
air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
|
-menyebutkan nilai-
nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
-menyebutkan
perilaku yang sesuai
dan
tidak sesuai
dengan nilai-nilai
Pancasila
-Mempresentasikan
dan member contoh nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
-Menunjukkan
prilaku yang sesuia dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila secara
disiplin
|
-menyebutkan
perilaku yang
seusai dengan
nilai-nilai
Pancasila
-perilaku yang
sesuai dan tidak
sesuai dengan
nilai-nilai
Pancasila
|
·
menyebutkan perilaku-perilaku yang
mencerminkan kesatuan sila-sila Pancasila
·
menganilisa sikap-sikap yang sesuai
dengan silasila Pancasila.
· mengamati
perilaku orang-orang di sekitarnya
yang menujukkan perilaku orang-orang yang sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila
· mengidentifikasi
dan mengklasifikasikan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
|
Tes
-tulis
.
lisan
.penugasan
Non
tes
-Observasi
-Kinerja
-
Portofolio
-Proyek
|
Buku
Guru
Buku
siswa
1. gambar
tentang aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak manusia.
|
|
B.
Indo.
|
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok
pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
|
-menyebutkan
ide
pokok setiap para
graf dalam bacaan
-mengembangkan
ide
pokok menjadi
sebuah paragraf
-mempresentasikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan
|
Ide
pokok setiap paragraf dalam bacaan
Mengembangkan
ide pokok menjadi sebuah paragraf
|
· mengamati
rangkaian gambar.
· mengembangkan
daya imajinasinya terhadap gambar.
· menyajikan
hasil pengamatan gambarnya menjadi ide-ide pokok
· mengembangkannya
menjadi sbeuah bacaan.
· membaca
bacaan berjudul "Gerabah Dari Pulau Madura
· membaca,
dan mencari serta menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah
dibacanya. Siswa menulis bacaan berdasar kan ide-ide pokok yang ada pada buku
siswa.
· membaca
teks tentang "Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat
·
menuliskan ide pokok dari masingmasing
paragraf.
· membaca
bacaan berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu.
· mencari
dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya
· membaca
teks tentang "Kapal Phinisi, Kapal Penjelajah Dunia".
· menuliskan
ide pokok dari masing-masing paragraf.
· membaca
teks berjudul "Salah Bantal".
· menentukan
dan menuliskan ide pokok masingmasing paragraf dari bacaan secara mandiri.
· membaca
bacaan berjudul "Bocah Terkuat di
Dunia Pecahkan Rekor".
· mencari
dan menuliskan ide pokok bacaan.
·
|
Tes
-tulis
.
lisan
.penugasan
Non
tes
-Observasi
-Kinerja
-
Portofolio
-Proyek
|
||
IPA
|
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat model sederhana alat gerak
manusia dan hewan.
|
-menyebutkan
alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan alat gerak manusia
-menyebutkan
jenis jenis kelainan tulang
-menyebutkan
manfaat organ gerak manusia secara peduli
-menyebutkan
kelainan otot pada manusia secara percaya diri
-Mempresentasikan
hasilkarya model sederhana alat gerak manusia dan hewan
|
kelainan
tulang sebagai salah satu organ gerak
manusia
manfaat organ gerak manusia
kelainan
otot pada manusia
posisi
dan sikap tubuh yang baik bagi kesehatan organ gerak
|
· mengamati
gambar dan membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang manusia.
· membuat
model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah
liat.
· mengamati
kelainan otot rangka sebagai salah satu organ gerak manusia
·
membuat model sederhana gangguan atau
kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
· mengamati
gamabar dan mengidenti fikasi akibat-akaibat yang timbul karena melakukan
gerakan-gerakan yang nampak seperti pada gambar.
|
Tes
-tulis
.
lisan
.penugasan
Non
tes
-Observasi
-Kinerja
-
Portofolio
-Proyek
|
2. gambar
tentang kelainan tulang manusia,
|
|
IPS
|
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruh nya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulau an / maritim dan
agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi.
|
-menjelaskan
pengaruh kondisi
geografis bangsa
Indonesia sebagai
negara maritim dan
kepualauan terhadap
kondisi sosial dan
ekonomi masyarakat
menyebutkan asal
daerah beberapa
identitas budaya
-menyebutkan
nama
bandara dan pela
buhan yang ada di
Indonesia
-menyebutkan
asal
daerah beberapa
identitas budaya
-menyebutkan
nama bandara dan pelabuhan yang ada di Indonesia secara percaya diri
-Mengidentifikasi
pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap budaya, m,asyarakat secara
bertanggung jawab
-Membuat
kliping tentang pengaruh kondidsi geograsis bangsa Indonesia sebagai Negara
maritime dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat secara
bertanggung jawab
-Menunjukkan
asal daearah beberapa identitas budaya
Menunjukkan
nama bandara dan pelabuhan di Indonesia
Menunjukkan
pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap budaya Masyrakat secara
bertanggung jawab
|
kondisi
geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepualauan terhadap
kondisi sosial dan ekonomi masyarakat membedakan pengaruh kondisi geografis
bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial
dan ekonomi masyarakat
Kebudayaan
Daerah
menyebutkan
nama bandara dan pelabuhan yang ada di Indonesia
kondisi
geografis Indonesia terhadap budaya masyarakat
|
· mengisi
kolom tentang berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan
sumber daya laut.
· mengisi
kolom pada buku siswa tentang dampak positif dan negatif letak dan kondisi
geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.
· membuat
kliping gambar tentang kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat
dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim.
· menyusun
l aporan tentang isi kliping yang berkaitan kondisi ekonomi dan sosial
masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai
negara maritim.
· mempresentasikan
hasil kliping dan laporan yang telah dibuat.
· membaca
bacaan berjudul "Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara
Maritim terhadap Budaya Masyarakat'.
· mengamati
gambar-gambar pada buku siswa.
·
mengidentifikasi dan mengklasifikasi kan
gambar-gambar tersebut ke dalam budaya asli Indonesia dan budaya hasil
percampuran dari negara lain.
· menghubungkan
identitas budaya dengan daerah asalnya dengan menarik garis
·
mengisi tabel nama-nama bandara dan
pelabuhan yang ada di Indoenesia.
|
1.
peta Indonesia, atlas.
peta
geografis pulau-pulau di Indonesia
1. tanah
liat.
1. LCD
|
||
SBdP
|
3.1
Memahami gambar
cerita.
4.1 Membuat gambar
cerita.
|
-menjelaskan
langkah-langkah membuat gambar cerita
-Menyebutkan
cirri-ciri komik
-menyebutkan
pengertian komik
-Membuatkomik
dengan baik dan percaya diri
-Mempresentasikan
hasil karya gambar cerita
|
Cerita
bergambar
|
· mengamati
contoh gambar cerita (komik) berdasarkan bacaan.
· memahami
pengertian komik, siswa mencoba membuatnya dengan memilih salah satu tema
yang telah ditentukan pada buku siswa
· memahami
ciri-ciri komik.
· membuat
komik tentang gerakan gerakan
yang dapat menyebabkan gangguan atau kelainan pada otot manusia sesuai dengan
imajinasi dan kreativitas masing-masing.
·
Mengingat kembali arti, unsur, dan ragam desain gambar komik.
· memahami
pengertian, dan ciri-ciri gambar komik
· membuat
gambar komik berdasarkan bacaan yang berjudul "Bocah Terkuat di Dunia
Pecahkan Rekor".
|
LCD
|
Mengetahui
Kepala SDN Kalijudan I/239
Drs. MAT SUDJAK, M. Pd
NIP. 19611011 198201 1 004
|
Surabaya, 17 Juli 2017
Guru Kelas V-C
ELLY PUSPITASARI, S. Pd
NIP. 19850524 200902 2 003
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar