Selasa, 30 Januari 2018

Silabus Tema 5 Sub Tema 3

SILABUS KELAS 5

                        Sekolah                       : SDN Kalijudan I/239
                        Kelas / Semester          : V /
                        Tema  / Sub tema        : 1 / 3


                        Kompetensi Inti          : 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, danbertanggung jawab dalam berinteraksi dengan
     keluarga,
     teman, guru,dan tetangga, dan negara.
  3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, danmetakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati,
     mena
     nya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
     yang dijumpainya di rumah,di sekolah, dan tempat bermain.
 4. Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif,kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa
    yang jelas,sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat, dan
    tindakan yang mencerminkanperilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.


Muatan
Mapel
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
PPKN

1.1 Bersyukur kepa da Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Panca sila dalam kehidupan sehari-hari.

 2.1 Bersikap tang gung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila.

3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
-menyebutkan  nilai-
  nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
-menyebutkan
  perilaku yang sesuai
  dan tidak sesuai
  dengan nilai-nilai
  Pancasila
-Mempresentasikan dan member contoh nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
-Menunjukkan prilaku yang sesuia dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila secara disiplin
-menyebutkan
  perilaku yang
  seusai dengan
  nilai-nilai
  Pancasila
 -perilaku yang
  sesuai dan tidak
  sesuai dengan
  nilai-nilai
  Pancasila
·        menyebutkan perilaku-perilaku yang mencerminkan kesatuan sila-sila Pancasila
·        menganilisa sikap-sikap yang sesuai dengan silasila Pancasila.
·      mengamati perilaku orang-orang di sekitarnya  yang menujukkan perilaku orang-orang yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
·      mengidentifikasi dan mengklasifikasikan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Tes
-tulis
. lisan
.penugasan

Non tes
-Observasi
-Kinerja
- Portofolio
-Proyek

Buku Guru
Buku siswa
1.    gambar tentang aktivitas yang memanfaatkan kerja           organ gerak manusia.

B. Indo.
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.

 4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
-menyebutkan ide
  pokok setiap para
  graf dalam bacaan
-mengembangkan ide
  pokok menjadi
  sebuah paragraf
-mempresentasikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan
Ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
Mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf
·      mengamati rangkaian gambar.
·      mengembangkan daya imajinasinya terhadap gambar.
·      menyajikan hasil pengamatan gambarnya menjadi ide-ide pokok
·      mengembangkannya menjadi sbeuah bacaan.
·      membaca bacaan berjudul "Gerabah Dari Pulau Madura
·      membaca, dan mencari serta menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. Siswa menulis bacaan berdasar kan ide-ide pokok yang ada pada buku siswa.
·      membaca teks tentang "Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat
·         menuliskan ide pokok dari masingmasing paragraf.
·      membaca bacaan berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu.
·      mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya
·      membaca teks tentang "Kapal Phinisi, Kapal Penjelajah Dunia".
·      menuliskan ide pokok dari masing-masing paragraf.
·      membaca teks berjudul "Salah Bantal".
·      menentukan dan menuliskan ide pokok masingmasing paragraf dari  bacaan secara mandiri.
·      membaca bacaan  berjudul "Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor".
·      mencari dan menuliskan ide pokok bacaan.
·       
Tes
-tulis
. lisan
.penugasan

Non tes
-Observasi
-Kinerja
- Portofolio
-Proyek


IPA
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

 4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
-menyebutkan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
-menyebutkan jenis jenis kelainan tulang
-menyebutkan manfaat organ gerak manusia secara peduli
-menyebutkan kelainan otot pada manusia secara percaya diri
-Mempresentasikan hasilkarya model sederhana alat gerak manusia dan hewan

kelainan tulang sebagai salah satu  organ gerak manusia
 manfaat organ gerak manusia
kelainan otot pada manusia
posisi dan sikap tubuh yang baik bagi kesehatan organ gerak
·      mengamati gambar dan membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang manusia.
·      membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
·      mengamati kelainan otot rangka sebagai salah satu organ gerak manusia
·         membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
·      mengamati gamabar dan mengidenti fikasi akibat-akaibat yang timbul karena melakukan gerakan-gerakan yang nampak seperti pada gambar.
Tes
-tulis
. lisan
.penugasan

Non tes
-Observasi
-Kinerja
- Portofolio
-Proyek

2.    gambar tentang kelainan tulang manusia,

IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruh nya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulau an / maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
-menjelaskan
  pengaruh kondisi
  geografis bangsa
  Indonesia sebagai
 negara maritim dan
 kepualauan terhadap
 kondisi sosial dan
 ekonomi masyarakat
 menyebutkan asal
  daerah beberapa
  identitas budaya
-menyebutkan nama
  bandara dan pela
  buhan yang ada di
  Indonesia
-menyebutkan asal
  daerah beberapa
  identitas budaya
-menyebutkan nama bandara dan pelabuhan yang ada di Indonesia secara percaya diri
-Mengidentifikasi pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap budaya, m,asyarakat secara bertanggung jawab
-Membuat kliping tentang pengaruh kondidsi geograsis bangsa Indonesia sebagai Negara maritime dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat secara bertanggung jawab
-Menunjukkan asal daearah beberapa identitas budaya
Menunjukkan nama bandara dan pelabuhan di Indonesia
Menunjukkan pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap budaya Masyrakat secara bertanggung jawab

kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepualauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat membedakan pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat
Kebudayaan Daerah
menyebutkan nama bandara dan pelabuhan yang ada di Indonesia
kondisi geografis Indonesia terhadap budaya masyarakat

·      mengisi kolom tentang berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.
·      mengisi kolom pada buku siswa tentang dampak positif dan negatif letak dan kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan.
·      membuat kliping gambar tentang kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim.
·      menyusun l aporan tentang isi kliping yang berkaitan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sebagai akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim.
·      mempresentasikan hasil kliping dan laporan yang telah dibuat.
·      membaca bacaan berjudul "Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Budaya Masyarakat'.
·      mengamati gambar-gambar pada buku siswa.
·      mengidentifikasi dan mengklasifikasi kan gambar-gambar tersebut ke dalam budaya asli Indonesia dan budaya hasil percampuran dari negara lain.
·      menghubungkan identitas budaya dengan daerah asalnya dengan menarik garis
·        mengisi tabel nama-nama bandara dan pelabuhan yang ada di Indoenesia.



1.    peta Indonesia, atlas.
     peta geografis pulau-pulau di Indonesia
1.    tanah liat.
1.    LCD

SBdP
3.1 Memahami gambar
       cerita.

 4.1 Membuat gambar
        cerita.
-menjelaskan langkah-langkah membuat gambar cerita
-Menyebutkan cirri-ciri komik
-menyebutkan pengertian komik
-Membuatkomik dengan baik dan percaya diri
-Mempresentasikan hasil karya gambar cerita


Cerita bergambar

·      mengamati contoh gambar cerita (komik) berdasarkan bacaan.
·      memahami pengertian komik, siswa mencoba membuatnya dengan memilih salah satu tema yang telah ditentukan pada buku siswa
·      memahami ciri-ciri komik.
·      membuat komik tentang gerakan gerakan yang dapat menyebabkan gangguan atau kelainan pada otot manusia sesuai dengan imajinasi dan kreativitas masing-masing.
·      menceritakan gambar yang telah dibuatnya di hadapan guru dan temanteman.
·        Mengingat kembali  arti, unsur, dan ragam desain gambar komik.
·      memahami pengertian, dan ciri-ciri gambar komik
·      membuat gambar komik berdasarkan bacaan yang berjudul "Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor".



LCD


Mengetahui
Kepala SDN Kalijudan I/239




Drs. MAT SUDJAK, M. Pd
NIP. 19611011 198201 1 004

Surabaya, 17 Juli 2017
Guru Kelas V-C




ELLY PUSPITASARI, S. Pd
NIP. 19850524 200902 2 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL ONLINE BAHASA INDONESIA "Kata Konotasi/Kata Ungkapan"

Berikut disajikan SOAL ONLINE BAHASA INDONESIA "Kata Konotasi/Kata Ungkapan" Semoga Bermanfaat ! Memuat…